Pemkab Tetap Dukung Aman Dimot Jadi Pahlawan Nasional

Posted: 12 November 2011 in Lintas Berita

Abu Bakar Aman Dimot pejuang Gayo yang melawan penjajah hingga luar Aceh (Sumatra Utara-red), telah diusulkan oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah ke Kementrian Sosial RI untuk mendapat gelar Pahlawan Nasional.

Namun hingga saat ini satu-satunya pahlawan yang diusulkan dari kawasan Tanoh Gayo belum juga mendapatkan tanggapan dari Pemerintah Pusat. Sedangkan selain Aman Dimot, tahun 2011 ada 7 (tujuh) orang telah dianugrahi gelar pahlawan oleh Presiden.

Sebelumnya, Muslim, Kasubag Perencanaan Dinas Sosial, Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Aceh Tengah mengatakan bahwa buku biografi Aman Dimot masih kurang data dan perlu penelitian tambahan. “Ternyata isi buku tersebut masih dinilai kurang data dan perlu penelitian tambahan dan tambahan dana untuk melengkapinya,” kata Muslim (8/11).

Ditambahkan ketua tim  penulis buku Perang Pedang Berdarah Kisah Perjuangan Abu Bakar Aman Dimot bahwa masih bisa melengkapi bahan dan dibicarkan ulang. “Tidak adanya nama Aman Dimot bukan dikatakan gagal  namun masih bisa melengkapi bahan dan dibicarakan ulang,” pungkas M. Dien Majid beberapa waktu lalu.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Bupati Aceh Tengah usai menjadi pembina upacara pada peringatan Hari Pahlawan mengatakan tetap mendukung Aman Dimot menjadi Pahlawan Nasional. “Kita akan lanjutkan kembali dan berusaha menyiapkan syarat-syaratnya,” kata Drs. H. Djauhar Ali, Kamis (10/11).

Ditegaskan Djauhar, Pemkab mendukung penelitian lanjutan untuk dengan memberi dukungan dana. “Kita harus tetap mendukung  karena sudah kita perjuangkan dari awal. Kalau belum lengkap maka akan kita lengkapi,” tegas Wabup ini.

sumber:

Tinggalkan komentar