Ubuntu

“Ubuntu” berasal dari bahasa kuno Afrika, yang berarti “rasa perikemanusian terhadap sesama manusia”. Ubuntu juga bisa berarti “aku adalah aku karena keberadaan kita semua”.Linux Ubuntu membawa semangat yang terkandung di dalam Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak.

Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional. Ubuntu sendiri dikembangkan oleh komunitas sukarelawan Ubuntu dan kami mengundang Anda untuk turut serta berpartisipasi mengembangkan Ubuntu!

Komunitas Ubuntu dibentuk berdasarkan gagasan yang terdapat di dalam filosofi Ubuntu: bahwa perangkat lunak harus tersedia dengan bebas biaya, bahwa aplikasi perangkat lunak tersebut harus dapat digunakan dalam bahasa lokal masing-masing dan untuk orang-orang yang mempunyai keterbatasan fisik, dan bahwa pengguna harus mempunyai kebebasan untuk mengubah perangkat lunak sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.

Ini kutipan dari situs resmi ubuntu

Why use Ubuntu?Ubuntu is far more than an operating system. With thousands of applications to choose from, it’s completely free and easy to use.

Ubuntu is made for sharing. Use it, modify it, improve it, share it. Anywhere, any time and with any number of people all over the world. No licence required.

Ubuntu operating systems are regularly updated and come in a new, improved, easy-to-install release every six months, so you’re always up to date.

Ubuntu comes with all the support you need and powers the most popular computers – on servers, desktops, notebooks and netbooks.

Ubuntu comes with a ready-made community dedicated to building and promoting free systems and software. Join us.

Keren kan 😀

Nama nama yang digunakan oleh ubuntu ini menggunakan nama-nama hewan, kenapa binatang? menurut dari situs resmi ubuntu mengatakan karena tiap hewan mempunyai karakteristik yang bisa disesuaikan dengan ubuntu yang dibuat, contohnya kelembutannya, ketajaman mata, warnanya, dan lain lain. Nama hewan yang diambil untuk nama ubuntu ini pun tak semata-mata dibuat pemimpin atau SEO dari Ubuntu lho. Kita pun bisa merekomendasikan nama ubuntu untuk versi-versi berikutnya, tinggal masuk ke situs resmi nya ubuntu terus cari aja disitu, saya sendiri belum mencobanya. katanya nih indonesia pernah menyarankan atau lebih tepatnya merekomendasikan nama hewan yang bisa digunakan ke versi berikutnya contohnya komodo, urang utan, sama  ada 1 hewan lagi saya lupa, nah ada salah satu yang masuk rekomendasi tu katanya tapi sayang ga lolos di tahap akhirnya, mungkin nanti lah ya :p

Nah ini adalah versi terbaru dari ubuntu hingga sekarang (Maret 2011)

● Ubuntu 4.10 (Warty Warhog) Ubuntu 4.10 yang di release pertama kali ini hadir pada bulan oktober 2004.
● Ubuntu 5.04 (Hoary Hedgehog)Ubuntu 5.04 adalah release kedua dari ubuntu yang hadir pada bulan april 2005 yang sudah tidak disupport lagi semenjak bulan oktober 2006
● Ubuntu 5.10 (Breezy Badger) Ubuntu 5.10 adalah relese yang ketiga yang hadir pada bulan oktober 2005 yang juga telah habis masa supportnya pada bulan april 2007 lalu.
● Ubuntu 6.06 (Dapper Drake)
Ubuntu 6.06 adalah release keempat
yang pertama kalinya yang di support paling lama Long Term
Support (LTS) yang direlease pada bulan juni 2006, versi Long Term Support (LTS) ini disupport
sampai dengan 3 tahun untuk versi desktop dan 5 tahun untuk versi server.
● Ubuntu 6.10 (Edgy Eft) Ubuntu 6.10 adalah release kelima yang hadir pada bulan oktober 2006. yang telah habis masa supportnya pada bulan april 2007 lalu.
● Ubuntu 7.04 (Feisty Fawn) Ubuntu 7.04 di release pada bulan april 2007 dan di support sampai bulan oktober 2008.
● Ubuntu 7.10 (Gutsy Gibbon) Ubuntu yang akan kita bahas kali ini adalah versi 7.10 yang hadir dengan Visual Effect yang sangat spektakuler, Printer yang sudah otomatis terdeteksi yang akan di support sampai bulan april 2008
● Ubuntu 8.04 (Hardy Heron) Release kedelapan dari ubuntu yang telah hadir pada bulan april 2008 lalu adalah versi kedua yang menyediakan Long Term Support, Untuk Desktop akan di support sampai bulan april 2011 dan edisi server di support sampai april 2013 .
● Ubuntu 8.10 (Intrepid Ibex) Ubuntu ini hadir pada bulan Oktober 2008 dan juga menyediakan Long Term Support. Untuk Desktop akan disupport sampai bulan Oktober 2011 dan untuk server sampai Oktober 2013.
● Ubuntu 9.04 (Jaunty Jackelope) Ini adalah edisi terbaru dari Ubuntu. Release pada bulan April 2009. Dan juga disupport dengan LTS. Edisi desktop di support sampai bulan April 2012, dan edisi server disupport sampai April 2014.
● Ubuntu 9.10 (Karmic koala)
● Ubuntu 10.4 (Lucid Lynx)
● Ubuntu 10.10 (Maverick Meerkat)
● Ubuntu 11.04 (Natty Narwhal)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s